Contents

Apa Itu Denominasi di Dunia Bisnis? – Definisi Denominasi
Nilai nominal uang, saham, dan sebagainya ditentukan oleh pecahan
Harga surat-surat berharga (akta bank dan sebagainya) yang diceritakan dalam surat itu merupakan benar, tapi yang menjadi persoalan merupakan jumlah terkecil 25 juta rupiah tampaknya terlalu besar bagi masyarakat Indonesia.


Apa itu Denominasi?

Denominasi merupakan merek yang mengacu pada klasifikasi skor nominal (face value) sekuritas yang dimiliki oleh jasa keuangan seperti valuta asing, koin, obligasi, dan beraneka sarana investasi tetap lainnya. Istilah denominasi juga dapat dipakai untuk memutuskan kurs dasar transaksi atau kurs aset keuangan. Adanya klasifikasi ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam memutuskan jenis pembayaran yang akan diterima dalam suatu transaksi perdagangan.

Istilah yang Berkaitan dengan Denominasi:

Nomenklatur Denominasi

Nomenklatur juga merupakan istilah yang mengacu pada denominasi. Istilah ini mengacu pada perbuatan penamaan mata uang, tidak hanya nama legal tapi juga nama pendek mata uang itu.

Semisal, dolar Kanada, merupakan Canadian Dollar (CAD), memiliki nama yang berbeda, merupakan ‘loonie’, sebab di salah satu sisi mata uang terdapat potret burung Loon.

Model lainnya merupakan pecahan 100 Dolar Amerika Serikat (USD) Slot Online Gampang Menang yang berlambang ‘Benjamin’. Di salah satu sisi uang, julukan itu disematkan pada potret salah satu Founding Fathers negara Paman Sam, Benjamin Franklin. Nilai tukar mata uang asing tersedia di Amerika Serikat di hampir segala mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di segala wilayah.

Tentunya uang yang diterima menyesuaikan dengan mata uang US Dollar (USD) yang saat ini dipakai. Selain itu, denominasi yang tersedia hanya $10, $50, dan $100. Dalam perdagangan internasional, hegemoni Dollar Amerika Serikat juga terjadi. Eksportir yang ingin mengekspor komoditas ke Amerika Serikat biasanya menerbitkan invoice dalam mata uang Dolar AS.

Namun, transaksi perdagangan minyak mentah sekarang dapat diproses dalam mata uang lain, seperti Euro, sejak 2011.

Par Value

Par Value, di sisi lain, merupakan petunjuk yang dipakai untuk mengidentifikasi denominasi dalam instrumen keuangan kecuali uang, seperti obligasi, atau investasi tetap serupa lainnya pada obligasi. Seseorang dapat membeli obligasi dalam beraneka denominasi di Amerika Serikat, mulai dari $50 sampai $10.000.